EASY WAYS TO LEARN TECH

Kenapa Minus Mata Kiri Kanan Bisa Beda

  • Share
kenapa-minus-mata-kiri-kanan-bisa-beda-operasi-lasik
Kenapa Minus Mata Kiri Kanan Bisa Beda (Foto Ilustrasi: Josh Calabrese/Unsplash)

Bogor, Coba tutup sebelah mata kiri kalian terus sekarang tutup yang kanan, pertanyaannya apakah penglihatan mata kalian terasa beda kalau jawabannya enggak selamat mata kalian bisa jadi normal-normal aja, namun saat ini ada operasi lasik, apa itu?

Tapi mungkin kita punya temen yang pakai kacamata dan ngeluh kalau minus dimata kiri-kanan mereka beda jauh antara kanan dan kirinya pun kenapa kira-kira ini bisa terjadi.

Apakah itu bisa kejadian karena keseringan ngintip pakai sebelah mata? Enggak bukan karena ngintip tapi ini bisa terjadi akibat ulah satu kondisi yang namanya anisometropia. Singkatnya ini tuh bisa terjadi kalau kedua mata kita punya kekuatan otot atau ukuran bola mata yang berbeda yang kemudian bikin penglihatan kita pun ujung-ujungnya jadi nggak sama.

Nah, makanya para ahli masih meneliti penyebab pastinya, tapi jelas salah satunya itu karena faktor keturunan. Makanya kondisi ini umumnya emang enggak berbahaya tapi tunggu dulu. Kalau perbedaannya cukup parah dan enggak ditangani segera mata kita bisa jadi Strabismus (mata juling).

BACA JUGA : Benarkah Vaksin Bisa Bikin Meninggal ?

Kalau gitu gimana nyegah dan perbaikinya caranya? Tentu saja dan gak yang lain adalah dengan pakai kacamata dengan lensa yang sesuai. Makanya kita pasti sering lihat gambar cara kerja mata di buku sekolah. Ada cahaya masuk dipantulin lensa jatuh di titik fokus yang dibaca sama sensor-sensor canggih di mata dan dikirim informasinya ke otak kita buat diolah jadi gambar.

Bayangin kalo ukuran mata sebelahnya enggak pas. Akhirnya pandangan tidur dan otot mata bakal maksa buat nyesuain posisinya sampai terjadi lah kondisi tadi. Inilah kenapa lensa kacamata yang tepat jadi penting banget, karena bisa ngebenerin titik jatuh cahaya ke tempat yang seharusnya. Dan akhirnya bikin mata kiri atau kanan bisa hidup damai dan tentram.

Benerin Penglihatan Mata Minus Kiri-Kanan

Mengutip youtube channel Kok Bisa?, Ngomong-ngomong soal benerin penglihatan selain pakai kacamata atau lensa kontak. Kemampuan mata kita bisa dibenerin dengan cara Lasik atau operasi pake laser. Singkatnya cara ini mata kita bakal dikupas lapisan tipis di bagian kornea pakai pisau medis atau laser canggih. Terus bagian yang lebih terbuka jadi dibentuk sedemikian rupa pakai laser canggih lainnya bir pas dengan ukuran mata tersebut. Meski terdengar serem banget nyatanya proses ini biasanya berlangsung selama kurang dari 30 detik doang.

Jadi sekarang kita tau kalo mata yang beda sebelah itu enggak boleh dibiarin aja. Penting selalu ingat untuk pakai lensa yang paling pas biar kita nggak pusing dan bisa saking jelas melihat pahitnya kehidupan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *