EASY WAYS TO LEARN TECH

Bagaimana Fosil Bisa Bertahan Jutaan Tahun ?

  • Share
bagaimana-fosil-bisa-bertahan-jutaan-tahun-museum-makhluk purba
Ilustrasi fosil. Bagaimana Fosil Bisa Bertahan Jutaan Tahun ? (Foto: Unknown)

Bogor, Melihat makhluk purba di museum terkadang menakutkan, tapi kok, bagaimana bisa fosil-fosil ini masih ada, tidak rusak, tidak musnah, bertahan meskipun mereka berumur jutaan tahun?

Bagaimana kalau makhluk purba sering minum susu yang menguatkan tulang saat itu, sehingga fosil tidak rusak dan masih ada hingga saat ini . Tidak perlu ambil segelas susu sekarang, karena tentu saja susu bukanlah jawabannya.

Ternyata tidak semua bagian tubuh mereka yang tersisa masih utuh, bahkan sampai sekarang dipajang di museum. Ada kemungkinan yang sangat kecil bahwa fosil akan terbentuk hanya 1 dalam 1 miliar.

Selain langka, ini juga berarti bahwa ketika sejarawan menemukan 1 fosil, itu berarti lebih dari 999 juta organisme mati, dan menghilang tanpa meninggalkan jejak.

BACA JUGA : Rahasia yang Disimpan Media Sosial (Medsos)

Fosil Bisa Bertahan Jutaan Tahun, Pertanyaannya Adalah, Mengapa?

Mengutip dari Youtube Channel Kok Bisa? , singkatnya, ada dua faktor utama, ketahanan, dan keberuntungan. Pertama-tama, hanya bagian tubuh yang paling sulit yang bisa bertahan, tanpa dihancurkan selama ribuan tahun

Berikutnya hanya orang yang paling beruntung yang meninggal di lokasi tertentu, yang bisa berubah menjadi fosil.

Itu dekat area air yang memungkinkan air untuk mengubur mereka dengan cepat. Mereka perlu dikubur dalam lumpur atau pasir untuk membuat sekitar mereka kurang teroksigenasi.

Tanpa oksigen, tidak ada organisme pengurai dan proses pembusukan akan lebih lambat sehingga tulang bisa bertahan.

Sekarang kita sudah membayangkan betapa rumitnya membentuk fosil. Namun meski begitu, ternyata fosil yang kami temukan masih belum asli. Bagaimana bisa?

Seperti tablet vitamin yang dilarutkan dalam air, biasanya jaringan tulang terkikis oleh air tanah, hanya menyisakan bentuknya.

Akibatnya, komposisinya digantikan oleh mineral dari tanah atau dengan nama lain disebut permineralisasi. Tulang yang patah diganti menjadi batu yang kuat dan kuat dan setelah lama mengalami pelapukan dan gesekan, fosil ini bisa saja muncul ke permukaan.

Dan jika kita cukup beruntung, kita mungkin bisa menemukannya. Karena kelangkaan fosil ini, kita sering bingung setiap kali mencoba mengidentifikasi makhluk purba.

Untuk dapat menampilkan fosil dinosaurus seluruh tubuh, anda harus menebak fragmen tulang lain hanya untuk mengetahui bahwa itu belum ditemukan

Setelah itu, buat klon tulang lain berdasarkan asumsi. karena terlalu sulit, museum di Amerika ini pernah mengira Apatosaurus sebagai Brontosaurus, karena mereka tidak dapat menemukan tengkorak asli yang cocok dengan tubuhnya

Jadi bagi sejarawan, menemukan fosil seperti memenangkan lotre. meskipun merekalah yang memenangkan lotre, tapi anak-anak di seluruh dunia juga merasakan keseruannya

Sekarang kita tahu faktor-faktor yang membuat fosil bertahan lama. Artinya, jika kita mau dan jika kita cukup beruntung, kita juga bisa menjadi fosil, yang dapat ditemukan oleh generasi berikutnya dalam ribuan atau jutaan tahun mendatang

(Kok Bisa ?)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *